Disperindag Sinjai Genjot Hasil Perikanan

SINJAI - Dalam mendorong pertumbuhan industri kecil dan menengah di sektor Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Sinjai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat menggelar Pelatihan Produksi Olahan Hasil Perikanan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu pekan mulai 9-16 Juni tersebut diikuti sekitar 20 kelompok. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, Harsid Yarham mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung program bupati dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis potensi lokal.

"Sinjai kaya potensi perikanan, makanya kita fokus untuk pengembangannya," ujar Harsid di Sinjai, Senin (9/6/2014).

Selain itu, pihaknya rutin melakukan peningkatan sumberdaya manusia melalui bimbingan teknis, manajemen usaha dan peningkatan kualitas dan kuantitas produk.

"Di kantor kami sudah ada klinik usaha, saat ini telah dioptimalkan dengan melatih kelompok industri kecil dan menengah," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Industri Agro dan Kehutanan, Mappinangku mengatakan, peserta akan dilatih pembuatan ikan fufu (asap), ikan teri asap, ikan presto, ikan fillet, loin tuna, agar-agar, abon ikan, stick ikan, nugget ikan, dan kue rumput laut.

"Kami menghadirkan instruktur dari Makassar dan Ternate yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut," Ujar dia.

Pelaksana kegiatan, Zaenal Arifin mengatakan, selain melatih kelompok untuk membuat produk hasil perikanan, pihaknya juga mendorong standarisasi mutu produk dengan memperhatikan proses produksi, perbaikan sarana dan prasarana produksi dan inovasi produk.

(izz)
sumber : http://ekbis.sindonews.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by SOFYAN, S.KOM - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes