Kue Simpul ( Poto' - Poto' )

Salah satu kue tradisional Sinjai yang sangat terkenal adalah Kue simpul. Oleh masyarakat Sinjai dikenal juga dengan nama Poto-Poto.
Rasa kue simpul yang gurih menjadikan penganan ini banyak diminati dan bahkan telah menjadi ole-ole khas kabupaten Sinjai.
Salah satu produsen kue simpul yang terkenal disinjai adalah kelompok Usaha Rosma, yang beralamat di kelurahan lappa.  Dalam sehari Kelompok Usaha ini mampu memproduksi kue simpul hingga ratusan bungkus.


Menurut salah seorang karyawannya, pesanan akan kue simpul dari hari kehari mengalami peningkatan. Bahkan mereka kewalahan untuk melayani tingginya permintaan akan kue simpul. Menurutnya jika ingin mendapatkan kus simpul produksi kelompoknya, pelanggan harus memesan jauh-jauh.
Selain itu, beberapa langganan Rosma mengaku jika kue simpul produksi  kelumpok usaha Rosma ini mereka kirim keluar negeri. Seperti Malaysia dan Arab Saudi.
Sayang sekali, dalam produksinya, kue Simpul khas Sinjai ini dalam masih menggunakan plastik &  label biasa dalam pengemasannya. Mereka belum menggunakan kemasan yang menarik seperti penganan ole-ole yang sering kita jumpai jika berkunjung ke pulau Jawa.

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by SOFYAN, S.KOM - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes