Sekkab Pimpin Sidak Barang Kadaluarsa


Sekretaris Kabupaten Sinjai, H Taiyeb A Mappasere memimpin inpeksi mendadak (sidak) pada sejumlah supermarket dan pedagang di pasar sentral Sinjai, Rabu (3/4). Bukan hanya di disekitar pasar sidak tersebut juga di lakukan di sejumlah minimarket di kota Sinjai.
Sekkab bersama tim dari  Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Daerah kabupaten Sinjai menemukan beberapa makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa namun masih diperjual belikan kepada konsumen.
Seperti di toko T, yang berlokasi di Jl. Persatuan Raya Kabupaten Sinjai, ditemukan beberapa makanan kadaluarsa jenis minuman dan kosmetik. Dilokasi yang sama, Toko S juga ditemukan beberapa bahan campuran kue serta  mie instan yang kadaluarsa.
Kepala Bidang Pembinaan dan Perlindungan Konsumen, Perindag Kabupaten Sinjai, Muliati, S.sos yang dikonfirmasi terkait beberapa temuan barang kadaluarsa di beberapa supermarket dan toko ini mengatakan bahwa barang yang kadaluarsa tersebut untuk sementara akan di titip di Perindag.
"Kami akan simpan dulu puluhan barang kadaluarsa itu di kantor. Jika dalam waktu 3 bulan, distributor dari produk makanan maupun minuman yang ditemukan kadaluarsa tersebut tidak datang maka akan dimusnahkan, katanya.
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H. Taiyeb A Mappasere mengungkapkan kalau sidak ini di dasarkan pada ketentuan UU NO 8 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Ilegal.
"Makanya saya berharap kepada para pedagang agar arif menyikapi hal ini. Saya minta agar barang yang kadaluarsa tidak lagi dipajang atau diperjualbelikan ke masyarakat. Dalam waktu dekat, saya akan mengintruksikan kepada Perindag dan Kesehatan untuk memanggil para distributor bandel, tegas Taiyeb.
Menurutnya lagi, barang yang ditemukan kadaluarsa maka akan ditarik dari peredaran. "Parah memang. Mestinya selain distributor,  pemilik minimarket atau pun pedagang sebaiknya meneliti barang yang akan di jual apakah masih layak komsumsi atau tidak. Ini kan akan membahayakan bagi kesehatan. Jangan dibiarkan begitu tanpa ada pengecekan secara berkala," kesal Sekkab, Taiyeb A Mappasere. 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by SOFYAN, S.KOM - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes